Rabu, 13 Januari 2016

Resume buku




Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, bahasa ini harus digunakan secara nasional dalam berbagai komunikasi formal yang bersifat kenegaraan dan kedinasan dalam berbagai komunikasi resmi baik dalam lembaga pemerintah maupun nonpemerintah, termasuk dalam berbagai tingkat lembaga pendidikan di negara Republik Indonesia.
Fungsinya dalam komunikasi berkembang menjadi simbol kebersamaan , dorongan untuk bersatu, dan kepribadian pemakainya.
Sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian, pengajaran bahasa Indonesia bertujuan agar mahasiswa memahami konsep penulisan ilmiah dan mampu menerapkannya dalam penulisan karya ilmiahnya.
Orang yang menguasai bahasa Indonesia dengan baik akan mampu pula memahami konsep-konsep, pemikiran, dan pendapat orang lain.
Mahasiswa dibekali keterampilan bagaimana mendapatkan ide ilmiah, mengorganisasikannya dengan kerangka karangan sebagai kerangka berpikir, dan mengekspresikannya dengan ejaan yang benar, pilihan kata yang tepat, kalimat yang efektif, dan paragraf yang benar dalam sebuah karangan.
Visi dan misi bahasa Indonesia Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK). 
Visi: menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu sarana pengembangan kepribadian insan terpelajar yang mahir berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan santun. 
Misi: 
(1) membina mahasiswa bangga berbahasa Indonesia dalam berbagai forum dan bertanggung jawab untuk memeliharanya dengan sungguh-sungguh; 
(2) memotivasi mahasiswa merefleksikan nilai-nilai budaya melalui bahasa persatuan dalam kehidupannya sehari-hari; 
(3) membina pelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi semakin berkualitas sesuai dengan tuntutan mahasiswa; 
(4) mengupayakan kemahiran berbahasa Indonesia melalui pembelajaran yang berkualitas  dalam menggunakan bahasa Indonesia dan mengaplikasikannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya dengan rasa tanggung jawab sebagai warga negara indonesia dan warga dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar